RSS

Tips memilih Laptop..

11 Apr
Tips memilih Laptop..

Laptop…Hm,, gadget yg satu ini memang lagi banyak di buru. Selain lebh praktis dari komputer, juga bergaya dan elegan. Yah itu juga tergantung pakai laptop apa dlu…hehe.. Ok, langsng saja biar anda yg mau beli laptop tidak salah beli, monggo dibaca tips singkat berikut ini :

1. Tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk disain dan gaming, men-develop sistem, atau mobile. – Jika laptop dipakai untuk tujuan disain dan gaming, sebaiknya Anda memilih spesifikasi laptop dengan menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Jika Anda ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit sangat disarankan.

Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih ‘ringan’. Kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuat alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua). Biasanya untuk VGA bawaan produssen berkisar 32MB – 64MB, so bagi anda yg ingin VGA lebih baik pilih laptop  yg bekerja sama dengan VGA produsen luar misal ATI RADEON atau GEFORCE.

– Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak dan developing tools yang kian hari kian ‘rakus’ memori. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit juga disarankan.

– Untuk mobile, Anda bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal konektifitas seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem.

2. Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika Anda akan sering memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya. Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adapter. Jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai. Termasuk mencolokkan flashdisk yg tidak terpakai.

3. Pertimbangkan layanan purna jualnya.
Saat hendak membeli laptop, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak), ketersediaan spare parts serta harga jual kembali. Jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit dicari. Disarankan, jangan membeli laptop yang spare parts-nya sulit dicari.

4. Pilih yg tempat service nya banyak bukan berarti banyak tempat service berarti banyak yg rusak tp justru mereka ready untuk melayani anda dan memudahkan anda untuk repair dan konsultasi segala problem anda mengingat laptop adalah benda mobile yg sering setia menemani anda kemana2 di pekerjaan anda apalg jika anda sering keluar kota ataupun ke luar negeri sehingga segala masalah tidak menggangu pekerjaan anda.

5. Ukuran layar

Sesuaikan ukuran layar dengan kebuutuhan anda, bagi gamer dan desain grafis biasanya lebih memuaskan jika pakai layar yg gede 14′, 17′ dst.. Sedangkan untuk segi praktis pilih yg layar imut 10′, atau 12′..

6. OS (Operating system)

OS merupakan bagian terpenting dalam laptop anda, tanpa OS laptop tidak akan hidup. So usahakan pilih OS yg original bkn bajakan. Hal ini karena masih banyk laptop yg menggunakan OS bajakan. Yah walaupun lebih mahal dikit, tapi dijamin keamanan dan saat ada razia tentunya anda akan aman.

Sumber: Detik Portal

 
Comments Off on Tips memilih Laptop..

Posted by on April 11, 2011 in Tips n Trik

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: