RSS

Tips menjaga baterai latop agar Awet muda

11 Apr
Tips menjaga baterai latop agar Awet muda

Ok sampailah kita pada topik yg sering terjadii pada laptop. Hm,,that’s right “Baterai  Ngedrop” ciri2nya masa pemakaian baterai berkurang, bocor, nge-drop, bahkan tidak bisa di-charge sama sekali.  Nah klo dah ky gni susah tu diperbaiki so harus ganti baru.. Hal ini yg sekarang saya alami, baterai Ngdrop, baru pakai sktr 1jam dah mati menddak. Wah bnr2 dah pyah..pdhl baru ja diisi Full..

Oleh karena itu biar anda tidak mengalami hal serupa seperti saya, Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?, so cobalah tips berikut ini :

  1. Jangan langsung menggunakan laptop yang baru saja kita beli. Ketika masih baru, baterai laptop yang masih kosong harus di-charge terlebih dahulu antara 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan full charge (biasanya lampu indicator akan berwarna hijau, untuk merk-merk tertentu mungkin berwarna lain). Yang perlu diperhatikan adalah pada saat pengisian tersebut, laptop harus dalam keadaan mati.
  2. Perhatikan tampilan monitor pada laptop anda, hal ini penting untuk menurangi konsumsi baterai. Sebaiknya kurangi tingkat brightness pada tampilan dan animasi yg tidak terlalu penting.
  3. Menghentikkan sinyal wireless atau bluetooth jika tidak sedang digunakan. Koneksi Wi-fi yang terus menerus bia menguras energi baterai.
  4. Pastikan jangan terlalu banyak hardware yg terhubung dengan laptop kecuali memang sedang dipakai. Biasanya terjadi saat kita memindahkan file dari flashdisk ke laptop, setelah file selesai di pindah terkadang kita membiarkan flashdisk terkoneksi. Nah kebiasaan ini mesti ditinggalkan mulai sekarang, jika ingin baterai anda awet.
  5. Menseting power management pada laptop anda.Jika anda menggunakan sistem operasi windows xp. Anda dapat mengotak atik sehingga bisa mendapatkan low power mode pada option di control panel. Pilih Control panel kemudian pilih power option pada kategori performance maintanenance. Lebih enak lagi klo anda menggunakan windows 7, karena anda cukup mengklik bagian indikator baterai di pojok kiri bawah, disitu tersedia pilihan untuk pengaturan brightness/kecerahan layar dan pengaturan power baterai.
  6. Hanya menggunakan baterai laptop untuk keperluan mobile saja. Jika kita sedang menggunakan laptop di rumah atau di kantor untuk waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai laptop dan gunakan listrik langsung. Jika baterai terpasang dan charger dalam keadaan mengisi (terhubung ke listrik langsung) maka hal ini akan dapat menyebabkan baterai mudah cepat bocor. Selain itu, dengan cara tersebut dapat menyebabkan suhu panas yang dapat mempersingkat masa pemakaian baterai. Lepaskan adaptor apabila pengisian baterai sudah penuh. Menggunakan laptop dengan baterai terpasang sambil dilakukan pengisian (di-charge) dapat memperpendek umur baterai.
  7. Jangan biarkan laptop mengganggur (tidak digunakan) untuk waktu yang lama (berbulan-bulan). Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop menjadi kehilangan kapasitasnya. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menghidupkan laptop minimal sebulan sekali.
  8. Lepaskan baterai dari laptop ketika laptop tidak digunakan dalam waktu yang lama. Jika harus melepas baterai dari laptop, pastikan kita menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk. Jangan biarkan baterai laptop berada pada tempat dengan temperatur yang ekstrim atau terkena cahaya matahari secara langsung. Hal ini akan dapat menyebabkan kerusakan komponen baterai tersebut.
  9. Jika diperlukan, pasang kipas tambahan pada laptop. Pemakaian laptop untuk waktu yang lama dapat menyebabkan suhu panas yang berlebihan. Dan suhu panas ini akan dapat mengganggu kinerja/kemampuan baterai.

Dengan memperlakukan baterai seperti yang telah Tips dan Trik Komputer jelaskan di atas diharapkan dapat mengurangi resiko kerusakan yang terjadi pada baterai laptop kesayangan kita..

 

Link terkait :

http://agnesblogs.blogspot.com/2010/05/tips-agar-baterai-laptop-lebih-awet.html

 
Leave a comment

Posted by on April 11, 2011 in Tips n Trik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: