RSS

Tugu Jogja.. Ikon’nya Jogja,,

18 Apr
Tugu Jogja.. Ikon’nya Jogja,,

Tugu Jogja adalah salah satu bangunan paling terkenal di Kota Jogja. Tugu setinggi 15 meter ini menjadi ikon Jogja yang sangat mudah dikenali dan telah menjadi ciri atau menjadi penanda Kota Jogja. Tugu ini mempunyai gaya bangunan yang sangat unik. Terdiri dari kaki yang melebar, badan yang berbentuk bujursangkar, leher yang meninggi dan mengerucut, serta memiliki kepala tugu yang meruncing. Di beberapa bagian tugu ini memiliki ornamen hias bangunan yang khas Jogja, seperti pada badan dan kepala tugu.

Tugu ini semula berbentuk lebih sederhana, berbentuk silinder dengan bagian kepala berbentuk bulat. Tugu yang  dibangun setelah Keraton Kasultanan Yogyakarta berdiri ini kemudian di sebut Tugu Golong-Gilig. Istilah golong berati bulat dan mengingatkan kita dengan Sego Golong(nasi Golong) yang terdapat pada berkat atau besekan pada acara kenduri selamatan. Filosofi tugu ini adalah bersatunya rakyat dan penguasa.

Selain pemahaman tersebut, tugu ini juga mensimbolkan konsepsi laki-laki dan perempuan. Tugu melambangkan laki-laki sedangkan Panggung Krapyak di sebelah selatan Keraton sebagai perempuan. Hal ini berhubungan dengan Gunung Merapi di sebelah utara Keraton sebagai perwujudan laki-laki dan laut Kidul di selatan Keraton sebagai perwujudan perempuan. Hebatnya, tugu ini memiliki garis lurus dari Pantai Parangkusumo, Panggung Krapyak, Keraton, Tugu, hingga ke Gunung Merapi. Konon tugu yang tingginya 25 meter ini menjadi titik konsentrasi Sultan ketika bersemedi dari Siti Hinggil Keraton Yogyakarta.

Namun setelah hancur karena gempa tahun 1876, bentuk tugu ini diubah oleh penguasa Belanda menjadi bentuk yang sekarang ini. Pada dasarnya konsepsi tugu di atas tidak berubah, meskipun bentuk tugu yang sekarang ini sangat mirip dengan gaya bangunan candi-candi di Jawa Timur. Saat ini berfoto di depan Tugu Jogja adalah suatu aktivitas wisata yang mengesankan bagi banyak orang. Berfoto di depan Tugu Jogja ini banyak dilakukan di malam hari. Meskipun hanya dengan tata lampu yang sederhana, namun Tugu Jogja  mampu menyajikan pemandangan yang menarik, eksotis, dan sangat khas Jogja.

 
Leave a comment

Posted by on April 18, 2011 in Info

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: