RSS

Ilmu dan Pendidikan…for future..???

21 May
Ilmu dan Pendidikan…for future..???

Wah kali ini q mau omongin soal “Beda ILMU dengan PENDIDIKAN..

Banyak orang yang gak sadar, kalau ILMU itu BEDA dengan pendidikan.Orang lebih berpikir bahwa dengan pendidikan formal orang akan mampu sukses. Sehingga banyak orang tua yang berjuang mati-matian untuk bisa men’sekolahkan anaknya sampe jenjang SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan tinggi. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk tercapai kehidupan yang enak di kemudian hari..

Pendidikan formal merupakan bagian yang penting bagi kita, karena di pendidikan formal inilah kita banyak belajar tidak hanya mendalami ilmu, tapi juga pengalaman, cara berpikir dan cara bergaul, dll. Tidak dipungkiri bahwa pendidikan membawa kita dapat berpikir yang lebih baik dalam menentukan sesuatu. But terkadang banyak orang yang salah dalam mendefinisikan Ilmu, bahkan tidak jarang mereka minta di sekolahkan di salah satu tempat yang bonavit (dengan harapan bisa mendapat ilmu yang lebih baik dari yang di tempat lain). Kenapa hal ini salah,, ini karena ILMU dan PENDIDIKAN itu beda…dan ILMU tidak hanya didapatkan dari sekolah formal saja..

Ingatkah anda dengan IQ dan EQ, Keduanya terlihat sama tapi beda..

Daniel Goleman, seorang profesor dari Universitas Harvard menjelaskan bahwa ada ukuran/patokan lain yang menentukan tingkat kesuksesan seseorang.

Dalam bukunya yang terkenal, Emotional Intelligence, membuktikan bahwa tingkat emosional manusia lebih mampu memperlihatkan kesuksesan seseorang. Intelligence Quotient (IQ) tidak dapat berkembang. Jika seseorang terlahir dengan kondisi IQ sedang, maka IQ-nya tidak pernah bisa bertambah maupun berkurang.

Tetapi, Emotional Quotient atau Kecerdasan Emosional (EQ) dapat dikembangkan seumur hidup dengan belajar dan tumbuh seiring pertumbuhan seseorang sejak lahir hingga meninggal dunia. Pertumbuhan EQ dipengaruhi oleh lingkungan, keluarga, dan contoh-contoh yang didapat seseorang sejak lahir dari orang tuanya.

EQ menyangkut banyak aspek penting, yang agaknya semakin sulit didapatkan pada manusia modern, yaitu; Empati atau memahami orang lain secara mendalam, mengungkapkan dan memahami perasaan, mengendalikan amarah, kemandirian, kemampuan menyesuaikan diri, disukai, kemampuan memecahkan masalah antar pribadi, ketekunan, kesetiakawanan, keramahan dan sikap hormat.

Orangtua adalah seseorang yang pertama kali dan memiliki peran penting dalam perkembangan EQ seorang anak.

Coba tanya Manajer anda di kantor, pasti Sarjana semua bahkan lebih diatas sarjana.. Tapi coba tanya PEMILIK PERUSAHAAN? mungkin gak ada yang DIATAS SMA!!! Hahh…masa sih ,,,Percaya ga percaya, ini terjadi di sekitar kita.. teman saya sudah kerja di 5 perusahaan berbeda, dan begitu semua, bahkan yg terakhir, pemilik perusahaannya adalah S3 (Sukur Sempat Sekolah!) alias SD aja ga lulus. Tapi apakah mereka bodoh? TIDAK!!! Bicara mereka melebihi cara bicara Profesor sekalipun, ilmu mereka seperti di atas ilmu Profesor sekalipun. Kog bisa begitu????? Ya,,, menurut penelitian dan uji psikologis, ternyata dalam bawah sadar seseorang yang berpendidikan, mereka merasa “dikekang”, tidak bebas, terorganisir sekolahan, ilmu pasti, tak abstrak dan absolut. Sedangkan orang yang mencari ilmu di “jalanan”, ilmu mereka aktif, abstrak, dan mengikuti perkembangan jaman. Makanya gak heran, kita2 ini yang sarjana, kerja sama orang GA SEKOLAH, dan bukan berarti ga sekolah itu bodoh, sekali lagi lho…

Apalagi kebiasaan Copy Paste ilmu antara guru dan murid inilah penyebab ilmu mandek, ga berkembang, jadi jangan sekali lagi anda salahkan pemilik perusahaan anda yg lulusan SD itu kog dia bisa CERMAT cuma modal Street Smart, padahal anda Sarjana? Justru di pemikiran pemilik perusahaan itu terbalik, dia berpikir : “Lho, kamu belajar berbelas2 bahkan berpuluh2 tahun duduk manis, dengan satu guru tiap pelajaran/mata kuliah, dengan ruangan gak lebih dari 10x10m, dan kamu mau bilang kamu lebih pintar dari saya, yang belajar di lapangan, tanpa batas, belajar dari siapa saja yang saya temui, dunia adalah alas kelas saya, dan langit adalah batas ruangan kelas saya? NO, NO, NO” Itulah kira2 jawaban mereka, setidaknya itu jawaban Pemilim Perusahaan saya ketika saya sempat bertemu beliau. Dan entah kenapa, walau orang Street Smart ilmunya JAUUUH lebih pintar, banyak, dan BARU, mereka cenderung tidak SOMBONG. Beda dengan orang yang berpendidikan S2 atau S3, melihat yg S1 atau yang jenjangnya lebih rendah andangannya udah sombong betul, padahal pas ditelusuri juga ilmunya gitu2 aja.

Sebagai penutup, saya ada cerita unik :Anda mungkin pernah dengar REUNI, nah biasanya disini anda akan lihat orang/teman” anda yang lama tidak bertemu dan setelah anda lihat anda terkejut karena mungkin orang yang anda kenal tersebut datang dengan kondisi dan fasilitas yang berbeda dengan yang anda pikirkan.. Sebut saja namanya Y, mungkin sebelumnya anda kenal dia sebagai sosok yang pendiam, pemalu, pasif di sekolah, bolos dan sebagainya.. tapi kini datang dengan penampilan bak seorang pengusaha dengan mobil sport yang harganya miliar’an.. Hm…jangan kaget,, cerita seperti ini mungkin akan anda alami atau mungkin sudah anda alami…. So hikmah dibalik ini tentunya kita tidak boleh memandang seseorang hanya dari satu sisi saja, alangkah baiknya kita selalu menghargai seseorang sebagaimana kita menghargai orang tua dan sahabat kita. Karena kita tidak dapat tahu 5 tahun. 10 tahun, 15 tahun kedepan gimana keadaan anda.. Mungkin orang” yang sebelumnya tidak anda perhitungkan, ternyata malah menjadi penyelamat atau menjadi rekan bisnis anda yang handal… So apapun keadaan orang disekitar anda saat ini, tukang becak, pengangguran, jualan baju di pasar, dll..Hargailah mereka sebagaimana mestinya…

http://www.enformasi.com/2008/11/perbedaan-antara-iq-dan-eq.html

 
1 Comment

Posted by on May 21, 2011 in News

 

One response to “Ilmu dan Pendidikan…for future..???

  1. wati

    May 22, 2011 at 7:25 pm

    IQ n’ EQ hrs seimbang.krna kduanya mamilki pern pentng tuk sbuah kesuksesan.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: