RSS

Mitos Ngidam dengan bayi Ngeces.. .. ..

24 May

Mitos yang beredar di masyarakat saat ini adalah jika ibu hamil tidak dituriti maka bayi yang akan lahir ileran/ngeces. Sebenarnya mitos seperti ini harus segera diluruskan, karena ngidam sendiri merupakan psikologis sang ibu terhadap keinginannya. Jadi bisa jadi jika tidak dipenuhi yang ngiler ibunya bukan bayi dalam kandungannya.he…

Hal ini karena beberapa balita dan anak pra sekolah ada yang memproduksi air liur lebih banyak daripada anak-anak seusianya, sehingga membuatnya sering mengeluarkan air liur (ileran). Kondisi ini biasanya juga didorong oleh kemampuan untuk menelan yang belum berkembang secara maksimal.


Dr. William Sears menuturkan kelebihan air liur ini bisa menimbulkan gangguan atau masalah seperti tersedak dan batuk ketika air liur tersebut menetes ke tenggorokan dan mengganggu kemampuannya untuk berbicara secara jelas, seperti dikutip dari Parenting.com.

Ileran umumnya adalah suatu hal yang normal atau wajar terjadi pada anak yang berusia di bawah 2 tahun. Seiring bertambahnya usia maka kebiasaan ini akan hilang karena semakin matangnya pengontrolan dari syaraf dan otot mulut.

Umumnya kebiasaan anak mengiler akan berhenti saat ia berusia 18-24 bulan yang mana kemampuan menelannya sudah lebih baik. Tapi jika sampai berusia 4 tahun tak juga berhenti, kemungkinan ileran adalah gejala dari suatu penyakit terutama jika disertai dengan demam.

Dalam kasus yang jarang terjadi, ileran merupakan tanda dari adanya gangguan infeksi seperti amandel, radang tenggorokan atau adanya sariawan di mulut atau lidah si kecil. Kondisi ini biasanya terjadi jika si kecil sebelumnya tidak pernah mengalami ileran.

Air liur diproduksi oleh kelenjar liur di dalam rongga mulut, produksi ini akan meningkat pada kondisi tertentu seperti adanya rangsangan (dari dot atau empeng) yang terus menerus, tumbuh gigi serta infeksi pada kelenjar air liur dan organ dalam mulut lainnya.

Dr Sears menyarankan ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi kebiasaan anak mengiler yaitu:

  1. Membantu si kecil mengembangkan kemampuan menelan, misalnya dengan mengajari anak menyeruput air melalui sedotan
  2. Untuk mencegah iritasi kulit, sebaiknya menyeka air liur secara lembut dengan air hangat dan menepuk pelan (jangan menggosok)
  3. Menempatkan celemek makan untuk menyerap air liur di bawah dagu sebelum ia tidur
  4. Jika kebiasaan ini tidak juga hilang hingga usia 4 tahun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui lebih pasti penyebabnya.
 
1 Comment

Posted by on May 24, 2011 in Info

 

One response to “Mitos Ngidam dengan bayi Ngeces.. .. ..

  1. Agus haris purnama alam

    May 24, 2011 at 1:37 pm

    Terima kasih sudah berbagi. Bila berkenan mohon dipublish ulang di blog Kami dari Penerbit Buku Dumala Pustaka di http://www.dumalana.com

    Salam kenal

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: