RSS

(+) thingking ..with problem..

24 May
(+) thingking ..with problem..

Sadarkah anda bahwa masalah tidak semata-mata menjadi hal yang selalu ingin di hindari n membawa efek negatif. Berat atau tidaknya suatu masalah pasti membutuhkan sebuah penyelesaian dan sangat individual sifatnya.tapi jika masalah itu Anda hadapi dengan bijak maka setiap masalah akan Anda anggap sebagai sebuah proses pendewasaan diri.Tapi bagi yang memiliki jiwa yang kerdil,maka masalah akan dianggap sebagai sebuah mimpi buruk yang menjadi kenyataan dan selalu memikirkan masalah tersebut bukan mencari jalan keluarnya.

“Orang yang berhasil adalah mereka yang berfikir dalam memecahkan masalah, adapun orang yang gagal adalah yang berpikir di dalam masalah”

“Orang yang berhasil melihat sebuah jalan keluar dalam setiap masalah, sedangkan yang gagal melihat masalah dalam setiap jalan keluar”

Allah SWT menciptakan segalanya dengan adil,,

Ada orang baik – Ada orang jahat: tujuannya agar yang jahat dapat melihat bagaimana orang baik berbuat sesuatu sehingga dia tertarik untuk menjadi baik dan sebaliknya agar orang baik belajar bersyukur dengan keadaannya dan instropeksi diri jika selama ini mungkin ada perbuatan jahat yang masih di lakukannya.

Ada Pintar – Ada Bodoh : tujuannya agar yang pintar tahu diri bahwa sebelum menjadi pintar, ia melalui proses bodoh. Sehingga tidak sepantasnya dia menyombongkan diri dengan kepintarannya. Sebaliknya orang Bodoh dengan adanya orang pintar, ia bisa belajar menjadi pintar.

….dan tentunya masih banyak lagi contoh, but dari kedua contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa antara keduanya saling terkait. Tidak akan ada orang baik, jika tidak ada pembandingnya yaitu orang jahat. Jadi karena ada orang jahat, dia disebut orang baik. Begitu juga orang pintar, dia tidak akan disebut pintar jika seisi dunia memiliki kemampuan yang sama, justru dengan perbedaan kemampuan inilah dalam lingkup ekonomi si A pintar, tapi dalam lingkup Astronomi si A bodoh…etc,

Masalah…..selain kita tahu masalah membawa dampak negatif, ternyata ada dampak positif yang terlahir dari permasalahan….. apakah itu ..?? Pendewasaan diri, Cerminan diri, Motivasi untuk tahu lebih banyak,,dan banyak lagi yang bisa eksplor….

Pendewasaan diri,, dengan permasalahan kita akan belajar banyak strategi, tips dan trik dan hal-hal lain yang kita gunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Nah secara tidak sadar, pada saat itu berarti anda sedang dalam proses pendewasaan diri. Setelah permasalahan selesai anda akan mengevaluasi kenapa permasalahan ini terjadi, faktor apa sajakah yang berperan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah yang seperti ini di kemudian hari..dan akhirnya permasalahan tersebut menjadi pengalaman pembelajaran hidup anda.

Cerminan diri,, ya…karena disitu anda ditantang untuk mencari, menggunakan, menganalisa permasalahan itu lebih dalam. Anda akan terbawa ke dalam suasana permasalahan tersebut, sehingga cerminan diri anda dalam menyelesaikan permasalahan akan muncul. ex: tergesa-gesa, gegabah, mudah tersinggung, lari dari permasalahan, dll.

Motivasi untuk tahu lebih banyak,, demi untuk menyelesaikan permasalahan, anda akan menggunakan segala cara untuk mendapatkan strategi penyelesaian. Nah dalam proses pencarian inilah motivasi anda akan muncul sebagai sarana untuk mencari sumber-sumber strategi pemecahan. Sehingga dari yang sebelumnya dia tidak tahu, karena adanya permasalahan maka dia akan terpaksa mencari tahu agar permasalahannya selesai..dan tidak mustahil anda akan mencari jauh lebih dalam dari apa yang sebelumnya anda inginkan. Ex: Awalnya ingin tahu i-pad seperti apa? kemudian berlanjut ingin tahu kenapa i-pad lebih mahal bila dibandingkan dengan produk lainnya? kemudian apa yang membedakan i-pad dengan produk lain di pasaran…

 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2011 in News

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: