RSS

Oseng-Oseng Mercon

24 Jun

http://bonowpurba.files.wordpress.com/2009/10/oseng2_mercon2.jpg

Hm….baru lihat gambarnya aja dah ngrasa kepedasan… MakNyozzz tenan !!!!

Masakan ini sama sekali tidak dibuat dari petasan. Masakan yang disebut Oseng Oseng Mercon ini bahan dasarnya adalah Tetelan (potongan kecil dari daging sapi) dan Koyoran (potongan daging sapi). Kemudian dicampur dengan potongan cabai rawit dan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan bumbu-bumbu lainnya.

Istilah mercon dalam nama masakan ini hanyalah untuk menggambarkan tingkat kepedasannya yang luar biasa. Begitu pedasnya, sehingga orang yang merasakan seperti sensasi petasan yang meledak dimulutnya ketika menyantapnya.

Nah kalo tempat yang paling terkenal dengan menu Oseng Oseng Mercon ini adalah Lesehan Oseng Oseng Mercon Bu Narti yang berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, Jogjakarta.

Warung oseng oseng ini tidak pernah buka lebih dari jam 11 malam. Bukan karena faktor mistis atau apa, atau karena stok makanannya sudah habis. Tapi karena pegawainya yang kelelahan memasak dan melayani pembeli. Untuk oseng oseng mercon saja Bu narti  menghabiskan sekitar 20Kg tetelan sehari. Belum lagi menu menu yang lain yang harus disiapkan seperti burung dara, puyuh, lele, bebek dan ayam yang penyajiannya disesuaikan dengan selera pembeli, tinggal pilih dibakar atau digoreng. Sehari dapat menghabiskan bahan ayam sekitar 15-20kg.

 
Leave a comment

Posted by on June 24, 2011 in Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: