RSS

Tengkleng SOLO

24 Jun

Selama ini kita mengetahui bahwa kambing biasa diolah untuk sate, gule, tongseng, dan sop… Mungkin kata Tengkleng akan terdengar asing bagi sebagian besar orang dari luar jawa tengah dan DIY.Tengkleng adalah salah satu masakan yang menggunakan bahan utama kambing. Masakan ini mirip sop kambing yang berisi tulang kambing, tapi bedanya, Tengkleng ini berisi bagian kepala kambing, buntut kambing, jerohan, tulang rusuk, dan kaki kambing.

Salah satu tempat yang menjual Tengkleng di Solo dan wajib dikunjungi adalah di Pasar Klewer, tepatnya dibawah gapura alun-alun. Tengkleng pasar klewer ini sudah ada sejak 1971 dan setiap hari nya tidak pernah sepi pengunjung. Dibuka mulai jam 14.30 dan dalam waktu 2-3 jam, akan habis diserbu pembeli. Para pembeli sendiri ada yang suka dibungkus, ada juga yang suka dimakan di tempat.

Tengkleng bisa digunakan sebagai lauk nasi atau sebagai gadon (dimakan tanpa nasi). Jujur saja, saya lebih suka dimakan tanpa nasi, langsung dari pincuk daun pisang. Menurut saya, yang menjadi kunci kenikmatan dari Tengkleng ini adalah kuahnya. Meski udara sangat panas, kuah tengkleng yang panas dan memiliki rasa kombinasi asin, gurih, dan pedas rempah ini akan memberikan kesegaran dan kenikmatan tiada tara saat kita hirup langsung dari pincuknya. Tidak ketinggalan, cabai utuh yang mengapung di kuah sedap ini juga sangat mantap untuk dinikmati meski udara panas dan terik. Penuhnya pembeli yang berjubel di lokasi yang cukup sempit ini akan membuat udara semakin panas. Tapi saat pincuk Tengkleng sudah di tangan, maka dunia hanyalah antara saya dan pincuk tengkleng yang sedap…

 
Leave a comment

Posted by on June 24, 2011 in Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: