RSS

Stop AL-Ko-Hol

14 Oct
Stop AL-Ko-Hol

Hm….huekkkk,, hoooaagghhh,,,
Itu gambaran org yg sering “ngedrink” alias minum alcohol,, You know what ada sebagian masyarakat kita bilang bahwa dengan minum alcohol kita bisa gemuk,, cz asumsi ini mereka lihat dari banyaknya para drinker yang gemuk. Nah bener ga sih ituuuuu??? Ok, biar jelas kita bahas bersama…..nyokk

Alkohol adalah sumber kalori yang signifikan, dan minum minuman beralkohol memang akan merangsang nafsu makan, dan kalori yang bersumber dari minuman beralkohol akan disimpan oleh tubuh menjadi lemak, selain itu ketika alkohol masuk kedalam tubuh, terjadi pemanasan dalam tubuh sehingga tubuh memuai, sama seperti besi terkena panas. Akibatnya membuat nafsu makan 2-5x lebih besar dari biasanya. Nah yang bila dikonsumsi terus menerus bisa jadi akan membuat jarum timbangan melonjak…nah lhooo…

Tapi bukan berarti bagi yang kurus dianjurkan minum minuman beralkohol ya,, hm para ahli kesehatan sangat banget very” tidak menginjinkan..Alasannya sudah jelas karena efek buruknya jauhhhhh lebih banyak disbanding efek gemuk yang bagi sebagian orang tergiur ingin gemukin badannya yg kurus..
Perlu diketahui bahwa gemuk akibat alcohol tidaklah sehebat kelihatannya, artinya dibalik tubuh gemuk tersebut banyak penyakit yang siap menghadang, tinggal nunggu perintah aja..)))

Kemudian muncul pertanyaan lagi, kenapa kok ada yang kurus, padahal dia sering minum alkohol ??? Nah klo yg ini karena biasanya yang kurus itu jarang makan ketika dia mabuk, biasanya disambi melalui rokok, jadi porsinya tetap sedikit. Mereka-mereka ini termasuk yang smoker aktif sehingga frekuensi rokoklah yang membuat nafsu makannya menurun…+ bnyak pikiran n jgn lupa adanya faktor genetic yang sangat berperan..

Nah ini lho beberapa penyakit yang siap menghadang aksi anda di kemudian hari setelah hobi minum minuman beralkhol..: Ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.

Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan yang tidak mantap, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis yang dialami oleh konsumen misalnya mudah tersinggung, bicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.
Efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih rentan terhadap virus termasuk HIV.

Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.
Klo lihat begitu ngeriii dampaknya, so jangan deket-deket yg namanya Minuman haram ini….

Dikutip dari Livestrong, ada 10 alasan kenapa minuman alkohol layak dijauhi, yaitu :
1.Kecanduan
Kecanduan adalah salah satu efek yang paling terlihat jika seseorang menggunakan alkohol dalam jangka waktu panjang. Hal ini berarti seseorang harus minum lebih banyak sebelum mabuk atau agar bisa merasa lebih rileks.

2.Gejala balikan (withdrawal)
Seseorang akan mengalami gejala penarikan (withdrawal) ketika mencoba untuk berhenti minum secara tiba-tiba atau saat bangun keesokan harinya. Gejala ini termasuk merasa cemas, mual, muntah, mudah marah, kehilangan nafsu makan dan perasaan gemetar.

3.Penyakit hati
Menurut University of Maryland Medical Center penggunaan alkohol bisa menyebabkan penyakit hati kronis, seperti fatty liver (lebih dari 90 persen pengguna alkohol), serta hepatitis alkoholik dan sirosis alkohol yang bisa mengakibatkan kegagalan hati.

4.Mengakibatkan kecelakaan
Alkohol akan mengganggu kemampuan seseorang mengemudi dan memperlambat proses berpikir. Gabungan kondisi ini menjadi penyebab seseorang mengalami kecelakaan setelah minum alkohol.

5.Perilaku berbahaya
Alkohol bisa mengurangi kemampuan inhibisi alami seseorang, sehingga orang yang mabuk seringkali melakukan hal-hal berbahaya tanpa disadarinya seperti berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau menyeberang jalan sembarangan.

6.Efek negatif terhadap suatu hubungan
Mengonsumsi alkohol tidak hanya berefek terhadap diri sendiri, tapi juga orang-orang disekitarnya seperti anak-anak. Karenanya kekerasan rumah tangga seringkali terjadi pada orang yang menyalahgunakan alkohol dan anak-anak mungkin menderita trauma jangka panjang akibat kebiasaan minum orangtuanya tersebut.

7.Depresi
Dalam jangka pendek alkohol bisa memberikan efek rileksasi, tapi tanpa disadari alkohol justru memberikan kontribusi terhadap perkembangan depresi. Sekitar 40 persen peminum berat menunjukkan tanda-tanda depresi.

8.Kehilangan pekerjaan
Semakin sering seseorang minum alkohol, maka semakin berkurang pemikirannya tentang tanggung jawab termasuk pekerjaan. Hal ini akan menurunkan produktivitas bekerja dan nantinya berujung pada pengangguran.

9.Memicu masalah hukum
Mengonsumsi alkohol bisa memicu terjadinya masalah hukum, seperti ditangkap akibat perilaku tidak tertib atau mengemudi dibawah pengaruh alkohol.

10.Mengabaikan kebersihan diri sendiri
Seseorang yang mengonsumsi alkohol lama kelamaan akan mengabaikan kebersihan dirinya sendiri, seperti memakai baju yang sama berulang-ulang, jarang mandi atau lupa menyikat gigi. Karena yang ada di dalam pikiran orang tersebut hanyalah alkohol dan berhenti memikirkan hal lainnya.

 
Leave a comment

Posted by on October 14, 2011 in Info

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: