RSS

Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana pada Ny. S Akseptor IUD dengan Keputihan di

31 Aug

A. LATAR BELAKANG
Program KB Nasional mempunyai kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas penduduk. Kontribusi program Keluarga Berencana Nasional tersebut dapat dilihat pada pelaksanaan program Making Pregnancy Safer. Salah satu pesan kunci dalam Rencana Strategik Nasional Making Pregnancy Safer (MPS) di Indonesia 2001-2010 adalah bahwa setiap kehamilan harus merupakan kehamilan yang diinginkan. Untuk mewujudkan pesan kunci tersebut KB merupakan upaya pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama. Untuk mengoptimalkan manfaat keluarga berencana bagi kesehatan, pelayanannya harus digabungkan dengan pelayanan kesehatan reproduksi yang telah tersedia.
Pencegahan kematian dan kesakitan ibu merupakan alasan utama diperlukannya pelayanan keluarga berencana. Masih banyak alasan lain, misalnya membebaskan wanita dari rasa khawatir terhadap terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan, serta terjadinya gangguan fisik atau psikologi akibat tindakan abortus yang tidak aman (Saifuddin, 2003: v).
Salah satu jenis alat kontrasepsi adalah IUD yang merupakan salah satu metode kontrasepsi efektif, yaitu pemakaian IUD dengan satu kali pemasangan untuk jangka waktu yang lama. Perkembangan bentuk IUD serta kesadaran yang meningkat akan perlunya pengendalian kesuburan dengan teknik pemasangan yang benar, maka kini IUD telah dapat diterima secara luas di kalangan masyarakat (Wiknjosastro, 2003: 910).
Berdasarkan data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia pada tahun 2007 penggunaan kontrasepsi IUD menduduki peringkat ke empat, dari sejumlah 746.702 peserta KB. Secara rinci kontrasepsi yang digunakan sebagai berikut: suntik (67,56%), pil (17,82%), implan (6,67%), IUD (2,74%), kondom (2,51%), MOW (2,23%), MOP (0,37%). Sedangkan jumlah pengguna kontrasepsi IUD di BPS Dyah S Banyudono dari bulan Januari sampai Desember 2007 sekitar 15 orang akseptor IUD dengan keluhan keputihan 5 akseptor. Dari latar belakang dan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana pada Ny. S Akseptor IUD dengan Keputihan di BPS Dyah S Banyudono”.

Segera pesan untuk mendapatkan versi lengkapnya…

 

 

 

 
3 Comments

Posted by on August 31, 2012 in Skripsi

 

3 responses to “Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana pada Ny. S Akseptor IUD dengan Keputihan di

  1. murni

    December 17, 2012 at 2:56 am

    thnks yaa🙂

     
  2. Asuhan Kebidanan

    June 11, 2014 at 9:30 pm

    Amazing issues here. I’m very satisfied to peer your post.
    Thanks a lot and I am looking ahead to contact you.
    Will you please drop me a e-mail?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: