RSS

Selayang Pandang II

26 Jul

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Buana Husada Ponorogo merupakan institusi pendidikan dibawah naungan Yayasan Karya Buana Husada Ponorogo. Seiring dengan tuntutan peningkatan profesionalisme perawat dan adanya paradigma baru bahwa pada tahun 2015 perawat minimal berpendidikan S-1 Keperawatan, maka STIKES Buana Husada Ponorogo berupaya untuk membuka program studi S-1 Keperawatan.
Upaya ini berhasil pada tahun 2013 ditandai dengan keluarnya :
Surat Keputusan (SK) MENDIKBUD No. 57/E/O/2013 tanggal 06 April 2013 tentang operasional kampus STIKes Buana Husada Ponorogo.
Hal ini mengacu pada kebutuhan tenaga kesehatan yang kian meningkat seiring makin banyaknya sarana pelayanan kesehatan di berbagai daerah. Mengingat kebutuhan tenaga perawat profesional (S1 Keperawatan) di Indonesia pada tahun 2025 diperlukan sebanyak 589.043 tenaga perawat. Bahkan negara-negara maju seperti Eropa dan Timur Tengah, terjadi peningkatan kebutuhan tenaga perawat yang signifikan setiap tahun terutama tenaga perawat profesional. Hal ini dikarenakan perawat profesional dapat menjadi sosok perawat ideal yang senantiasa menjadi role model bagi perawat vokasional (D3 Keperawatan) dalam memberikan asuhan keperawatan dimana perawat profesional memiliki pendidikan yang lebih tinggi sehingga lebih matang dari segi konsep, teori, dan aplikasi.
Untuk mewujudkan mimpi besar tersebut STIKes Buana Husada bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dalam menciptakan lulusan berwawasan global dan diterima masyarakat dengan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan lulusannya yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga diharapkan calon mahasiswa khususnya di wilayah Jawa Timur untuk lebih jeli dalam memilih Perguruan Tinggi yang telah Ter-akreditasi dan tidak melanggar aturan Negara dalam penyelenggaraan perkuliahan.
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut pusat layanan kesehatan untuk berbenah terutama dalam bidang pelayanan yang semakin komprehensif, sehingga dibutuhkan tenaga rekam medis yang handal dan profesional sesuai standar nasional. Melihat dari faktor inilah jurusan perekam medis dan informasi kesehatan dapat menjadi pilihan masa depan yang menjanjikan dan akan sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan, baik untuk puskesmas, rumah sakit, klinik kesehatan, perusahaan asuransi dan laboratorium forensik kepolisian. Guna memenuhi permintaan pasar tersebut, maka hingga saat ini STIKes Buana Husada Ponorogo terus menjalin kerjasama dengan berbagai instansi kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dan Balai Pengobatan, baik di wilayah Ponorogo maupun di sekitarnya.

 
Leave a comment

Posted by on July 26, 2013 in Info

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: