RSS

PENERAPAN MODEL DESAIN INSTRUKSIONAL DICK AND CAREY

12 Nov

PENERAPAN MODEL DESAIN INSTRUKSIONAL DICK AND CAREY

Mata Kuliah                  :    Asuhan Kebidanan III (NIFAS).

Beban Studi                  :    2 SKS.

Semester                       :    III.

Pertemuan ke/waktu     :    II

Pokok Bahasan             :    Konsep Dasar Masa Nifas

Sub Pokok Bahasan      :    Fisiologi Nifas

  1. Mengidentifikasi tujuan instruksional

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tentang Konsep Dasar Masa Nifas

  1. Melakukan analisis instruksional

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami dengan benar dan tepat tentang Fisiologi Nifas.

  1. Mengidentifikasi pelajar serta konteks
  2. Karakteristik siswa yang akan belajar Askeb III yakni siswa Kebidanan semester III
  3. Konteks pada pembelajaran ini meliputi :

Definisi, Gambaran Klinis masa nifas, Involusi uterus, & Perubahan Lokia. Berikut uraian dari materi :

1)   Pengertian

Masa puerperium atau masa nifas adalah masa yang dimulai setelah persalinan selesai dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu (Wiknjosastro, 2005).

Masa nifas (puerperium) adalah masa yang dimulai setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu (Saifuddin, 2002).

2)   Gambaran klinis masa nifas

Setelah uterus kosong, maka uterus akan berkontraksi penuh ke arah bawah dan dinding uterus akan menyatu berhadapan satu sama lain. Serat miometrium yang menyumbat pembuluh darah uterus membatasi aliran darah ke tempat perlekatan plasenta (Ester, 2007).

3)   Involusi Uterus

Perubahan retrogesif pada uterus menyebabkan berkurangnya ukuran uterus. Penurunan ukuran uterus yang cepat direfleksikan dengan perubahan lokasi uterus, yaitu uterus turun dari abdomen dan kembali menjadi organ panggul (Varney, 2007).

Setelah janin dilahirkan fundus uteri kira – kira setinggi pusat. Segera setelah plasenta lahir, tinggi fundus uteri + 2 jari di bawah pusat. Pada hari ke-5 post partum uterus kurang lebih setinggi 7 cm atas simpisis atau setengah simpisis pusat, sesudah 12 hari uterus tidak dapat diraba lagi di atas simpisis (Winkjosastro, 2005).

4)   Lokia

Adalah cairan sekret yang berasal dari kavum uteri dan vagina dalam masa nifas.

Menurut Wiknjosastro 2005, lokia dapat dibagi menjadi :

a)      Lokia Rubra (cruenta) berisi darah segar dan sisa – sisa selaput ketuban, sel – sel desidua, verniks kaseosa, lanugo, dan mekonium, selama 2 hari pasca persalinan.

b)      Lokia Sanguinolenta berisi darah bercampur lendir, hari ke 3 – 7 pasca persalinan.

c)      Lokia Serosa berisi cairan berwarna kuning, cairan tidak berdarah lagi, pada hari ke 7 – 14 pasca persalinan.

d)     Lokia Alba berisi cairan putih, keluar setelah 2 minggu pasca persalinan

e)      Lokia Purulenta bila terjadi infeksi, keluar cairan seperti nanah berbau busuk

  1. Menulis tujuan kinerja

Tujuan kinerja pada desain pembelajaran ini, yakni untuk :

  1. Menganalisis kemampuan mahasiswa
  2. Memberikan penilaian berdasarkan kisi-kisi
  3. Pencapaian kompetensi melalui tahapan tertentu
  4. Mengembangkan instrumen penilaian

Penilaian didasarkan pada aspek :

  1. Kognitif (Pengetahuan)
  2. Afektif (Sikap)
  3. Psikomotor (Ketrampilan)
    1. Mengembangkan strategi instruksional

Strategi yang di gunakan yakni dengan model sosial berupa pembentukan kelompok-kelompok kecil agar pembelajaran lebih efektif.

  1. Mengembangkan dan memilih bahan instruksional
  2. Pengembangan dan pemilihan bahan instruksional didasarkan pada :

1)   Kebutuhan mahasiswa akan materi yang diberikan

2)   Kekinian sumber pustaka yang digunakan dalam bahan ajar

3)   Metode pembelajaran yang efektif

4)   Alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran

  1. Berdasarkan pertimbangan tersebut, bahan instruksional yang digunakan dalam pembelajaran, yakni :

1)   Pemberian materi Askeb III sebagai lanjutan dari materi Askeb I dan Askeb II.

2)   Penggunaan sumber pustaka yang relevan. Sumber pustaka yang digunakan meliputi buku acuan, jurnal ilmiah, serta artikel yang valid dengan referensi minimal 5 tahun terakhir.

3)   Metode yang digunakan yakni dengan model kelompok. Dengan model ini, akan mengembangkan partisipasi aktif dari mahasiswa untuk bekerjasama.

4)   Dalam pembelajaran menggunakan model sosial, pemecahan masalah dapat diselesaikan dengan diskusi dalam kelompok. Tiap mahasiswa dituntut mampu menyatakan pendapatnya berdasarkan pengetahuan yang dimikinya.

  1. Mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif

Evaluasi secara formatif dilakukan pada awal, selama, dan setelah pembelajaran.

  1. Pada awal pembelajaran, dilakukan evaluasi berupa pre test untuk mengetahui kesiapan belajar mahasiswa, termasuk pengetahuan yang telah dimilikinya.
  2. Selama pembelajaran, dapat dilakukan evaluasi berupa tanya jawab selama pembelajaran.
  3. Setelah pembelajaran, evaluasi dilakukan dengan memberikan post test, untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa menerima dan memahami pembelajaran.
    1. Merevisi kegiatan instruksional.

Sebagai bentuk tindak lanjut evaluasi formatif selama pembelajaran, dapat diketahui masalah atau hambatan apa saja yang dihadapi. Untuk itu perlu adanya perbaikan strategi pembelajaran. Perbaikan dapat dilakukan dengan peningkatan kemampuan dosen dalam mengelola kelas.

  1. Mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif

Evaluasi sumatif yang dilakukan merupakan evaluasi akhir dalam pembelajaran. Beberapa nilai akan digabungkan menjadi satu nilai, meliputi aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.

Nilai yang di dapat merupakan nilai keseluruhan dari seluruh kegiatan pembelajaran mahasiswa.

DAFTAR PUSTAKA

Ester  M. 2007. Anatomi dan Fisiologi untuk Bidan. Jakarta : EGC. 305.

Saifuddin. 2002. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. N-23: M-30

Wiknjosastro H. 2005. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirodiharjo. 237-42: 700-72.

Varney H. 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta: EGC. 26-34 : 959

 
Leave a comment

Posted by on November 12, 2013 in Info

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: